Akhirnya, Tol Tebing Tinggi-Indrapura dan Indrapura-Lima Puluh Resmi Beroperasi

Ananda Eri Aruna
3 Min Read
Gerbang Tol Lima Puluh

Gerbang Tol Lima Puluh ruas Indrapura-Kisaran, seksi Indrapura-Lima Puluh dengan panjang 15 kilometer secara resmi beroperasi, pada hari ini, Jumat (10/11/2023). Selain itu, bagian jalan dari Tebing Tinggi-Indrapura sepanjang 28 kilometer juga dibuka pada hari yang sama.

“Untuk tarif masih Rp 0. Jadi, kita operasikan tanpa tarif, sampai menunggu Kepmen Tarif dari Kementerian PUPR,” kata Branch Manager Indrapura Kisaran (Inkis) PT Hutama Karya, Ari Wibowo.

Meskipun penggunaan jalan masih belum dikenai tarif, pengguna tetap memanfaatkan e-Toll untuk proses tapping di gerbang masuk dan keluar. Sarana dan prasarana di sepanjang Indrapura-Kisaran, khususnya di seksi Indrapura-Lima Puluh, telah sepenuhnya tersedia dan siap digunakan.

“Juga sudah memiliki sertifikat laik beroperasi. Juga ada Kepmen Pengoperasian dari Kementerian PUPR. Kedua gerbang tol dibuka tepat pukul 10.00 WIB,” tutur Ari Wibowo.

Keputusan Menteri

Tol Indrapura
Branch Manager Indrapura Kisaran (Inkis) PT Hutama Karya, Ari Wibowo.

Penjelasannya lebih lanjut mengenai keputusan untuk membuka gerbang tol pada tanggal 10 November 2023, tidak hanya didasarkan pada tanggal tersebut sebagai penghormatan kepada Hari Pahlawan, tetapi juga terkait dengan keluarnya Keputusan Menteri yang menetapkan pengoperasian.

Adapun keputusan tersebut tertera pada : Keputusan Menteri (Kepmen) Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Nomor 1401/KPTS/M/2023 tentang Penetapan Pengoperasian Jalan Tol Indrapura-Kisaran Seksi Indrapura-Lima Puluh serta Kepmen PUPR Nomor 1518/KPTS/M/2023 tanggal 25 Oktober 2023 tentang Penetapan Pengoperasian Jalan Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat Seksi 1 Tebing Tinggi-Junction Indrapura dan seksi 2 Segmen Junction Indrapura-Simpang Susun Indrapura, Hutama Karya dan Hutama Marga Waskita (HMW) mengoperasikan 2 ruas jalan tol sepanjang 15,6 Km dan 28,5 Km tersebut.

Dengan adanya keputusan resmi tersebut, pengoperasian gerbang tol menjadi sah dan sesuai dengan regulasi yang berlaku.

Hal ini menunjukkan keterlibatan pemerintah dalam memastikan keberlanjutan dan keamanan operasional infrastruktur jalan tol, sekaligus menghormati momen penting dalam sejarah bangsa.

“Kita juga baru koordinasi ruas tol dari PT Hutama Marga Waskita (HMW), dari Tebing Tinggi-Indrapura. Jadi, momen 10 November 2023 ini sangat tepat untuk dibuka operasi tanpa tarif seksi Indrapura-Lima Puluh dan juga Tebing Tinggi-Indrapura,” terangnya.

Akan Ada Dua Rest Area

Ari Wibowo mengungkapkan, bahwa sedang dalam proses pembangunan dua Rest Area di bagian Indrapura-Lima Puluh, yang terletak di KM 118A dan 119B. Diupayakan agar kedua fasilitas ini dapat difungsikan untuk masyarakat pada periode Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

“Nantinya, di Rest Area akan dilibatkan UMKM lokal. Karena prioritas dari Hutama Karya itu 80 persen UMKM,” jelasnya.

Ari Wibowo juga menekankan kepada masyarakat, pentingnya mengedepankan keselamatan saat menggunakan jalan tol. Dia mengimbau agar selalu berhati-hati, memprioritaskan keselamatan, dan patuh terhadap rambu-rambu lalu lintas.

“Estimasi waktu yang dipangkas, dari Tebing Tinggi-Indrapura-Lima Puluh, yang tadinya dari Tebing Tinggi ke Lima Puluh sekitar 1 hingga 1,5 jam. Dengan dibukanya tol ini bisa ditempuh sekitar 15 hingga 20 menit,” tutupnya.

Leave a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *