Mahasiswa SV-IPB University Gelar Nonton Bareng Masyarakat Mekarwangi Agar Makin Paham BPJS Kesehatan

Ananda Eri Aruna
4 Min Read
Mahasiswa Sekolah Vokasi IPB University

Jakarta – Mahasiswa Sekolah Vokasi IPB University mengajak masyarakat di Kelurahan Mekarwangi untuk nobar (nonton bareng) video edukasi mengenai BPJS Penerima Bantuan Iuran (PBI), pada Kamis (30/11/23). Kegiatan ini bertempat di Kantor Kelurahan Mekarwangi, Kecamatan Tanah Sereal, Kota Bogor. Kegiatan ini bertujuan untuk mengedukasi dan menjawab pertanyaan-pertanyaan masyarakat Mekarwangi mengenai BPJS PBI.

Dalam rangkaian acara tersebut mahasiswa SV-IPB mengundang Kasi Kemasyarakatan Kelurahan Mekarwangi, Kota Bogor, Dewi Salamah,SH,MH dan Kasi Pengumpulan, Pengolahan dan Pengkajian Data Kesejahteraan Sosial, Dinas Sosial, Kota Bogor, Ruly Hasanul Basri, S.Sos. Kedua narasumber ini memberikan pemahaman lebih mendalam terkait BPJS PBI kepada masyarakat Mekarwangi.

Acara ini dimulai dengan pembacaan doa oleh Bintang Nugraha Gumilang selaku MC sekaligus Ketua dari Tim Mahasiswa SV-IPB University. Lalu dilanjut dengan acara utama, yaitu nobar video edukasi BPJS PBI yang dibuat oleh Mahasiswa SV-IPB University.

Video edukasi ini ditujukan bagi masyarakat Mekarwangi yang masih minim informasi terkait BPJS PBI.

Para peserta nobar video BPJS PBI sangat antusias dalam mengikuti kegiatan penayangan video edukasi tersebut, karena berkesempatan untuk bertanya maupun sharing pengalaman langsung kepada perwakilan Dinas Sosial Kota Bogor dan Kasi Kemasyarakatan Kelurahan Mekarwangi.

Masyarakat Antusias Bertanya

Mahasiswa Sekolah Vokasi IPB University mengajak masyarakat di Kelurahan Mekarwangi untuk nobar (nonton bareng) video edukasi mengenai BPJS Penerima Bantuan Iuran (PBI), pada Kamis (30/11/23).

“Saya mau nanya, kan bapak lagi kontrol di Rumah sakit, tiba-tiba pas dioper ke Tangerang enggak aktif Bu, BPJS-nya. Terakhirnya tuh bulan November udah enggak aktif. Terus untuk ke sininya nih misalkan, Desember ini kan harus bayar, gimana ya bu saya nunggu pengajuan BPJS selanjutnya. Saya mau diaktifin BPJS PBI-nya. Saya mah pikiran bu kalau ada tunggakan,”

kata Purwanti, salah satu warga Kelurahan Mekarwangi, dalam acara nobar video edukasi BPJS PBI di Kantor Kelurahan Mekarwangi, Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor. Kamis (30/11/23).

Lebih lanjut Dewi Salamah,SH,MH selaku Kasi Kemasyarakatan Kelurahan Mekarwangi, bantu menjawab pertanyaan dari Purwanti.

“Bapak/ibu untuk dialihkan ke PBI itu kalau emang syaratnya terpenuhi, sesuai dengan 18 parameter itu kami akan fasilitasi, kalau untuk yang berawal dari BPJS Mandiri apabila itu ada tunggakannya diharapkan lakukan dulu pengecekan, berapa total tunggakannya. Nah tunggakan itu bisa dilakukan program rehab, program rehab itu adanya di kantor BPJS, ada di aplikasi mobile JKN. Nanti bapak/ibu yang menunggak itu nanti bisa diinformasikan oleh operator kami, caranya seperti apa,”

tuturnya.

Masyarakat Makin Paham Soal BPJS PBI

Mahasiswa Sekolah Vokasi IPB University mengajak masyarakat di Kelurahan Mekarwangi untuk nobar (nonton bareng) Video edukasi mengenai BPJS Penerima Bantuan Iuran (PBI), pada Kamis (30/11/23).

Tidak hanya nobar dan sharing sessions, Mahasiswa SV-IPB juga memberi pamflet tata cara pendaftaran BPJS PBI di Aplikasi SOLID kepada masyarakat.

“Harapan saya, kegiatan yang kelompok kami lakukan ini dapat bermanfaat bagi masyarakat, terutama masyarakat Mekarwangi,”

Ujar Bintang selaku Ketua Tim Mahasiswa SV IPB University.

“Dan kami berharap bisa meningkatkan kesadaran masyarakat terkait pentingnya BPJS bagi masyarakat,”

Tambah Cigy Aiko selaku Humas tim Mahasiswa SV-IPB University. Kamis (30/11/23).

Adapun rangkaian kegiatan ini merupakan bentuk implementasi kurikulum SV-IPB University yaitu Project Based Learning yang menerapkan proyek komunikasi berbasis digital bersama pihak kelurahan. Proyek ini dilaksanakan dalam jangka waktu 6 (enam) minggu, dimulai dari tanggal 18 Oktober 2023 dan berakhir pada 27 November 2023.

Leave a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *