Bantuan Tanggap Darurat: Pemprov Sumut Respon Cepat untuk Daerah Alami Bencana

Jesse Kenzie Dana
3 Min Read
Pj Gubernur sumut, Dinas Komunikasi dan Informatika Sumut

MEDAN – Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Hassanudin melepas secara simbolis pendistribusian bantuan logistik penanggulangan bencana dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut untuk disalurkan ke 12 Kabupaten/Kota se-Sumut yang terdampak bencana banjir, tanah longsor dan angin puting beliung.

“Dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim, saya Pj Gubernur Sumut beserta Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov), melepas bantuan logistik dari Pemprov Sumut ke Pemerintah Kabupaten/Kota se-Sumut tahun 2023,”

ucap Pj Gubernur Hassanudin saat melepas secara simbolis bantuan tersebut, di Halaman Rumah Dinas Gubernur Sumut, Jalan Jenderal Sudirman Nomor 41 Medan, Senin (18/12)

Bantuan tersebut berupa beras 6,5 ton, mie instan 3.200 bungkus, minyak makan 1,3 ton, ikan kaleng 1.660 kaleng, gula 2,5 ton, kain sarung 600 lembar, selimut 350 lembar, kayu 240 batang dan seng 275 lembar.

Pj Gubernur mengatakan, bantuan ini merupakan bentuk dukungan dari Pemprov Sumut kepada masyarakat yang berdampak bencana banjir, tanah longsor dan angin puting beliung di Kabupaten/Kota se-Sumut. Juga meminta agar semua masyarakat terdampak bencana dapat dipastikan menerima bantuan yang didistribusikan, sehingga dapat meringankan beban mereka.

Dinas Komunikasi dan Informatika Sumut/ Munawar Hrp.

“Ini dukungan kita (Pemprov Sumut) apalagi bagi masyarakat kita yang akan merayakan Natal dan menyambut tahun baru 2024. Karena bencana alam tidak bisa kita prediksi secara nyata, jadi kita harus perlu antisipasi,”

jelasnya.

Kepada personel Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), kata Pj Gubenur, diharapkan kesiapsiagaannya dalam penanggulangan bencana. “Kepada masing-masing pegawai dan personel tetap menjaga kesehatan, kita tidak tau kapan bencana datang. Karena tenaga BPBD sangat dibutuhkan, jika terjadi bencana,”

katanya.

Sementara itu, Kepala BPBD Sumut Tuahta Ramajaya Saragih mengatakan, ada 12 Kabupaten/Kota yang berdampak bencana banjir, tanah longsor dan puting beliung, yang menerima bantuan. Di yaitu Kabupaten Labuhanbatu Selatan, Kabupaten Pakpak Bharat, Kabupaten Karo, Kabupaten Mandailingnatal, Kabupaten Tapanuli Tengah, Kabupaten Tapanuli Utara, Kabupaten Langkat, Kabupaten Tapanuli Selatan, Kabupaten Batubara, Kabupaten Dairi, Kota Sibolga dan Kota Binjai.

“Ada 12 Kabupaten/Kota yang mendapat batuan dan telah kita petakan jenis bantuan apa yang diperlukan. Jadi tidak sama bantuan yang kita berikan antara Kabupaten/Kota, semua sesuai kebutuhan yang kita disalurkan. Semoga ini memberi manfaat bagi masyarakat Sumut,”

harapnya.

Turut hadir juga Asisten Administrasi Umum Lies Handayani Siregar, Kepala Dinas Kominfo Sumut Ilyas Sitorus, dan Kepala Biro Umum Dedi Jaminsyah Putra.**

Leave a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *