Tanggal Penting! Debat Cawapres Pilpres 2024 Jadi Pusat Perhatian

Wana Choi
2 Min Read
beradu gagasan dalam debat perdana Capres dan Cawapres 2024 di Gedung KPU

JAKARTA – Debat perdana calon wakil presiden (cawapres) dalam tahapan pemilihan presiden (Pilpres) 2024 akan digelar pada Jumat (22/12/2023) mendatang.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) sudah menjabarkan detail lokasi sampai teknis susunan segmen kegiatan.

Pada debat itu masyarakat akan menyaksikan gagasan yang disampaikan oleh 3 kandidat cawapres.

Mereka adalah cawapres nomor urut 1 Abdul Muhaimin Iskandar (Cak Imin), cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka, dan cawapres nomor urut 3 Mahfud MD.

Seperti pada debat perdana, ketiga capres juga dijadwalkan hadir di arena. Namun, ketiganya hanya diperbolehkan menyaksikan debat tanpa menyampaikan pendapat. Berikut ini rangkuman tentang hal-hal penting seputar debat perdana cawapres.

1. Waktu, lokasi, durasi

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asy’ari mengatakan, pihaknya memastikan pelaksanaan debat calon wakil presiden (cawapres) perdana akan digelar di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta, pada 22 Desember 2023.

Debat itu akan dimulai pada pukul 19.00 WIB.

“Diselenggarakan pada 22 Desember 2023. Dan debat akan dimulai on air jam 19.00 WIB. Tempat penyelenggaraan direncanakan di JCC, di Jakarta,”

kata Hasyim di Kantor KPU RI, Jl Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (18/12/2023).

Hasyim mengatakan, kegiatan debat akan berlangsung selama 150 menit yang terbagi dalam 6 segmen. Perinciannya adalah 120 menit untuk khusus pelaksanaan debat cawapres. Sementara itu, 30 menit sisanya merupakan waktu untuk iklan.

2. Tema dan segmen

Hasyim mengatakan, ekonomi, baik itu ekonomi kerakyatan maupun ekonomi digital, kemudian keuangan, pajak dan tata kelola APBN-APBD, lalu soal investasi, perdagangan, infrastruktur dan perkotaan.

Terdiri dari 6 segmen. Pada segmen pertama, yakni berisi penyampaian visi, misi, program kerja oleh masing-masing cawapres.

Kemudian untuk segmen kedua dan ketiga, akan diajukan sejumlah pertanyaan yang disusun oleh tim panelis.

“Dan yang akan menyampaikan, atau mengajukan pertanyaan adalah moderator,”

tutur Hasyim.

“Kemudian untuk segmen empat dan lima itu nanti masing-masing cawapres diberi kesempatan untuk mengajukan pertanyaan kepada masing-masing cawapres yang lain,”

katanya.

Leave a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *