Spot Menarik Yogyakarta: Destinasi Libur Tahun Baru yang Mengesankan

Taufiq Shamad Lubis
7 Min Read
Tampak depan museumku gerabah, kasongan, bantul, wisata yogyakarta

Yogyakarta masih menjadi salah satu destinasi favorit wisatawan untuk libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024. Kementerian Perhubungan memperkirakan sebanyak 9,6 juta wisatawan bakal memasuki Yogyakarta selama libur Nataru 2024. 

Kota Gudeg menawarkan beragam destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Bagi wisatawan yang gemar hunting foto, ada sejumlah tempat wisata di Yogyakarta yang Instagramable buat libur tahun baru. 

Baca Juga: Gibran: Kekuatan dan Potensi Ancaman Pasca Debat

1. MuseumKu Gerabah 

Area di MuseumKu Gerabah, Kasongan, Bantul, Yogyakarta, Jumat (8/12/2023).

MuseumKu Gerabah adalah wisata baru di Yogyakarta yang tengah viral di media sosial karena bentuknya unik dan Instagramable. Lokasinya berada di  Kajen, Bangunjiwo, Kecamatan Kasihan, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. 

Galeri seni ini, dibangun oleh mendiang Timbul Raharjo, seorang seniman asal  Kasongan, Bantul sekaligus mantan rektor Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta. MuseumKu Gerabah memiliki banyak spot foto Instagramable. 

Terdapat sekitar 80 hingga 100 benda koleksi di MuseumKu Gerabah. Selain gerabah, pengunjung bisa menjumpai kerajinan yang menjadi ciri khas mendiang Timbul Raharjo, seperti replika kuda dan singa yang berbahan dasar alumunium dan stainless steel maupun lukisan. 

2. HeHa Forest 

Spot foto di HeHa Forest, wisata baru di Yogyakarta yang menawarkan sensasi berada di tengah hutan dengan beragam spot foto Instagramble.

HeHa Forest merupakan obyek wisata bertema alam yang menawarkan suasana hutan serta dilengkapi dengan beragam spot foto Instagramable di kaki Gunung Merapi. Obyek wisata ini baru buka pada 17 April 2023 lalu. 

Spot foto ikonik di HeHa Forest adalah Bridge Me to The Moon, dimana pengunjung bisa berfoto dekat dengan replika bulan purnama dari sebuah jembatan. Selain itu, ada spot foto Gate of Fantasy, Evergreen Park, Bunny Zone, Teletubbies Dome, Forest Falls, dan Bamboo Tower. 

Selain foto, pengunjung bisa mengikuti jeep Lava Tour Merapi dan menyantap aneka kuliner di Forest Resto. Jika mengajak anak-anak, mereka bisa bermain dengan 100 ekor kelinci di Bunny Zone. 

Lokasinya berada di Jalan Kaliurang KM.22 Banteng, Hargobinangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman. Harga tiket masuk HeHa Forest sebesar Rp 20.000 per orang, namun belum termasuk sejumlah spot foto berbayar. 

3. La Li Sa Farmer’s Village

La Li Sa Farmer?s Village adalah tempat wisata baru di Yogyakarta yang mengusung konsep pedesaan Eropa.

La Li Sa Farmer’s Village adalah tempat wisata yang mengusung konsep pedesaan di Eropa. Pengunjung bisa menemukan sejumlah replika landmark Eropa, antara lain kincir angin, air terjun dan taman ala Italia, European Terrace, gudang ala Belanda (Barn), dan kereta kuda tradisional Suku Gipsi (Gypsy Wagon). 

Semua replika landmark Eropa tersebut menjad spot foto Instagramable bagi pengunjung.

Berada di atas lahan seluas 1,5 hektar, La Li Sa Farmer’s Village menyajikan pemandangan hamparan sawah. Sembari foto, pengunjung bisa menikmati aneka makanan dan minuman di restoran, coffe shop, dan food stall.

Pengunjung harus pesan minimal Rp 25.000 di coffee shop untuk tiket masuk dan akses ke berbagai spot foto. Lokasi  La Li Sa Farmer’s Village berada di Jalan Wates Km. 14, Klangon, Argosari, Sedayu, Bantul, Yogyakarta.

4. Gumuk Pasir Parangkusumo

Gumuk Pasir Parangkusumo, Yogyakarta (ShutterstOCK.

Keindahan Gumuk Pasir Parangkusumo sudah familiar di kalangan wisatawan. Mengutip laman Visiting Jogja, obyek wisata ini bahkan diklaim hanya ada tiga di Asia Tenggara, selain di Filipina dan Vietnam.

Gundukan pasir yang tak beraturan justru membuat panoramanya semakin menarik. Selain itu, terdapat pohon kaktus dan cemara yang biasa jadi spot foto.

Pengunjung juga bisa mencoba olahraga sandboarding di Gumuk Pasir Parangkusumo. Lokasinya berada di dekat Pantai Parangtritis, Bantul, Yogyakarta. 

5. HeHa Sky View 

Fasilitas restoran yang ada di Heha Sky View, Gunung Kidul, Yogyakarta.

HeHa Sky View adalah salah satu tempat terbaik untuk menikmati panorama sunset Kota Yogyakarta dari ketinggian. Lokasinya berada di Jalan Dlingo-Patuk Nomor 2, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunung Kidul.

Pada lantai tiga restoran, terdapat rooftop semi-outdoor serta spot foto ikonik, yaitu Sky Glass. Ada pula beragam spot foto cantik lainnya, seperti Garden Area, Love Box, Sky Swing, HeHa Aeroplane, Macrame, dan Bean Bag Area.

Waktu terbaik untuk berkunjung ke Heha Sky View adalah sesaat sebelum dan sesudah sunset. Selain itu, HeHa Sky View juga dilengkapi dengan fasilitas umum seperti toilet, mushola, area parkir, nursery room, dan ruang pertemuan.

6. Tumpeng Menoreh

Panorama Tumpeng Menoreh.

Tempat wisata Instagramable di Yogyakarta selanjutnya adalah Tumpeng Menoreh. Lokasinya berada di Jalan Kebun Teh Nglinggo, Plono Timur, Pagerharjo, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo.

Daya tarik Tumpeng Menoreh adalah panorama sunset dengan latar belakang perbukitan Menoreh dan gunung di Jawa, yaitu Gunung Merapi, Merbabu, dan Sindoro-Sumbing.

Tumpeng Menoreh merupakan sebuah restoran yang memiliki bangunan berbentuk heksagonal menyerupai tumpeng, Jumat (6/2/2022). Karenanya, diberi nama Tumpeng Menoreh. 

Tempat wisata kuliner yang baru dibuka pada Mei 2021 ini dibangun oleh musisi Erix Soekamti, bersama pemuda setempat yang dinamakan komunitas Gelangprojo. 

7. Keraton Ratu Boko

Cuaca mendung dan hampir hujan di Ratu Boko, Sleman, Yogyakarta.

Keraton Ratu Boko merupakan salah satu wisata sejarah dan budaya yang berada di Sleman, Yogyakarta. Obyek wisata ini, merupakan salah satu tempat melihat panorama sunset terindah di Yogyakarta.

Pengunjung akan disuguhi pemandangan reruntuhan kerajaan masa lampau. Salah satu spot ikonik di Keraton Ratu Boko adalah gerbang utama atau gerbang dalam, berada sekitar 15 meter dari gerbang luar.

Gerbang utama, terdiri dari lima gapura paduraksa yang bebaris sejajar dengan gerbang luar. Dari gapura utama ini, wisatawan bisa menyaksikan panorama sunset yang menawan.

Selain bangunan gerbang, Keraton Ratu Boko juga memiliki Alun-alun Ratu Boko yang merupakan tanah lapang dengan rerumputan hijau.

Rekomendasi Redaksi: 7 Lokasi Wisata Sekitar Danau Toba; Nomor 6 Paling Menarik!

Leave a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *