Gubsu Edy Rahmyadi Mendorong Peran Penting Guru dalam Pendidikan Moderasi Beragama

Wana Choi
3 Min Read
PT.Metaversal Teknologi Digital, 14 agustus 2023

Gotas.id, Medan – Dilansir dari Publikrasi.com, PT Metaversal Teknologi Digital rajut kerjasama MOU dengan Perkumpulan Guru Madrasah (PGM) Indonesia.

Penanda tanganan digelar di Aula Tengku Rizal Nurdin, Rumah Dinas Gubernur Sumut, Jalan Sudirman Medan
Dan pelantikan PGMI Sumut dihadiri oleh ketua umum PGM Indonesia Ir Yaya Rospandi , Ketua PGMI Sumut Ilyas dan Direktur Utama PT Metaversal Teknologi Digital khairul Amri Hasibuan.

Yaya Rospandi,  mengatakan dimana guru madrasah harus memiliki kemampuan SDM yang unggul kemampuan dan kapabiliti yang tinggi, sehingga menciptakan guru madrasah yang yang berkualitas.

Untuk itu Yaya menilai, metaversal selaku web developer app developer it solution mampu membantu peningkatan kapasitas guru madrasah sehingga menciptakan guru madrasah yang unggul.

Gubernur Sumatera Utara (Gubsu), Edy Rahmyadi, menyampaikan peran guru sangat penting dalam pendidikan untuk menciptakan SDM unggul dan berkualitas. Selain sosial dan Kesehatan, pendidikan merupakan kebutuhan dasar.

Hal tersebut disampaikan Edy, dalam Seminar Internasional tentang Pendidikan Moderasi Beragama di Madrasah yang digelar di Aula Tengku Rizal Nurdin, Rumah Dinas Gubernur Sumut, Jalan Sudirman Medan

“Kualitas negara ditentukan oleh SDM-nya, bukan sumber daya alamnya. Masalah pendidikan dan kesehatan adalah prioritas dasar pembentukan SDM. Singapura punya SDM yang mumpuni dengan keterbatasan sumber daya alam, mereka bisa lebih maju,”

kata Edy.

Di seminar itu, Edy menyebutkan sejumlah negara yang dianggap maju, karena adanya kontribusi guru. Seperti Singapura, Malaysia, Brunei Darussalam, Jepang, dan lainnya. Ketika Hirosima dibom, Edy bercerita Jepang mengumpulkan guru-gurunya.

“Mereka mengumpulkan guru-guru untuk membentuk SDM unggul dan berkualitas, supaya bisa membangun negaranya kembali, menjadi negara seperti sekarang ini. Inilah andil guru,”

ceritanya.

Karena pendidikan dianggap sebagai kebutuhan dasar pembentukan SDM, honor guru dinaikkan menjadi Rp90 ribu/jam. Gubsu pun menyinggung alokasi untuk pendidikan 20% dari APBD di masa kepemimpinannya.

Ketua Umum Pimpinan Pusat Perkumpulan Guru Madrasah (PGM) Indonesia, Yaya Rospandi, menambahkan sudah melantik 12 pengurus wilayah di Indonesia. Provinsi Sumut sendiri menjadi wilayah ke-12. Disebutkan, pembentukan PGM Indonesia mengacu kepada UU Nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

“Guru-guru madrasah selalu ikhlas berjuang. Karena guru berkontribusi dalam meningkatkan indeks pembangunan manusia atau IPM. Ayo kita majukan guru madrasah. Visi PGM, menciptakan guru madrasah yang berkualitas, sejahtera, dan bermartabat. Untuk itu, guru-guru harus meningkatkan kualitas, dengan mengikuti bimbingan teknis,”

ajaknya.
Leave a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *